Bahagia di Hari Tua Bersama BPJS Ketenagakerjaan

29 Jan 2017

Image source: kelkiduldalem.malangkota.go.id

Mungkin saat remaja, sebagian besar di antara kita merasa riang gembira saat menyambut hari ulang tahun. Iya kan? Hal yang wajar tentunya. Namun, pernahkah kita berpikir bahwa masa remaja itu hanya sebentar? Ya, adalah sebuah keniscayaan bahwa masa remaja yang diistilahkan oleh Bang Haji Rhoma Irama dalam lagunya sebagai “masa muda masa yang berapi-api ini” memang sangatlah singkat. Hanya beberapa tahun saja. Secara bertahap, masa remaja kita akan berganti dengan masa dewasa dan masa tua.

Memang tak bisa dipungkiri, jika kita diberi anugerah umur panjang, masa tua adalah masa yang pasti akan kita temui di kemudian hari. Masa yang tak bisa kita hindari, karena umur kita terus bertambah seiring waktu yang terus berjalan. Pada masa itu, saya yakin, siapapun tentu memimpikan untuk bisa hidup bahagia. Menghabiskan waktu bersama orang-orang yang dicintai. Hidup damai tanpa disertai himpitan beban hidup yang berat.

Momong cucu, salah satu kebahagian di hari tua (Image source: bintang.com)

Dari impian-impian itu, biasanya kemudian muncul sebuah kekhawatiran, bagaimana jika yang terjadi adalah sebaliknya? Hmm, alangkah mengerikannya ya? Terlebih, banyak sekali kita temui orang-orang yang hidup bahagia di masa muda dengan bergelimang harta, tapi ketika menjalani hari tua merasa begitu menderita. Kondisi fisik yang tidak lagi prima, ditambah dengan serangan penyakit tua, sehingga tubuh betul-betul merasa sakit. Kehidupan ekonomi pun semakin terasa sulit karena sudah tidak mampu mencari nafkah.

Jadi, bagaimana solusinya agar kita terhindar dari masa tua yang menderita? Solusinya tak lain adalah dengan merencanakan masa tua sejak kita muda. Kita bisa mempersiapkan beberapa hal untuk menyongsong bahagia di hari tua nanti. Beberapa hal yang harus kita persiapkan tersebut di antaranya adalah:

Pertama, rajin berolahraga. Ya, semua sepakat bahwa olahraga banyak sekali manfaatnya, apalagi jika dilakukan secara rutin. Manfaat olah raga di antaranya adalah menambah kebugaran tubuh dan meningkatkan imunitas tubuh dari serangan penyakit. Berolahraga juga mampu memperlancar peredaran darah dan membakar timbunan lemak dalam tubuh, yang tentunya akan mengurangi resiko penyakit berbahaya. Rajin berolahraga ini akan sangat terasa manfaatnya di usia senja kelak.

Rajin olah raga sangat berguna bagi kesehatan di masa tua (Image source: vemale.com)

Kedua, menjaga kehidupan sosial. Salah satu perasaan yang muncul di saat kita memasuki masa tua adalah merasa tidak berguna karena tidak lagi mampu melakukan berbagai hal yang biasa kita lakukan saat muda. Nah, menjaga hubungan dengan teman-teman lama akan membantu kita melupakan perasaan tersebut. Kita tidak hanya memiliki teman untuk merayakan saat-saat bahagia, tapi juga saat masalah sulit menghadang dan kita membutuhkan bantuannya.

Ketiga, menyiapkan biaya hidup. Ini adalah hal yang tak kalah penting, mengingat saat tua nanti, kita sudah tidak bisa bekerja untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari. Sudah tidak bisa lagi nge-blog seperti saat ini. Kalaupun masih bisa, tentunya tidak akan seproduktif saat kita muda. Biaya hidup saat tua ini sebenarnya bisa kita rencanakan sejak muda. Beberapa caranya adalah dengan rajin menabung, berinvestasi, serta mengikuti program asuransi yang bisa menopang biaya hidup di hari tua.

Nah, berbicara tentang program asuransi untuk hidup di hari tua, rasanya kita sudah tak perlu bingung-bingung lagi. Saat ini, pemerintah melalui BPJS Ketenagakerjaan sudah menggulirkan program yang akan menjadikan warga negaranya dapat hidup bahagia di hari tua. Program tersebut meliputi Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun.

BPJS Ketenagakerjaan, teman setia di masa tua (Image source: terbitsport.com)

Jaminan Hari Tua (JHT) merupakan program asuransi jiwa dari BPJS Ketenagakerjaan yang bertujuan memberikan pendapatan bagi pesertanya saat memasuki masa tua. Manfaat JHT sendiri adalah berupa uang tunai yang besarnya merupakan nilai akumulasi iuran ditambah hasil pengembangannya, yang dibayarkan secara sekaligus apabila peserta mencapai usia 56 tahun, meninggal dunia, ataupun cacat total tetap.

Sedangkan Jaminan Pensiun adalah jaminan sosial yang bertujuan untuk mempertahankan derajat kehidupan yang layak bagi peserta dan atau ahli warisnya dengan memberikan penghasilan setelah peserta memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, ataupun meninggal dunia. Manfaat Jaminan Pensiun ini adalah berupa sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

Nah, itulah dua program BPJS Ketenagakerjaan yang akan menjadi teman yang bisa diandalkan untuk membantu kita saat memasuki usia tua. Dengan mengikuti program tersebut, maka seseorang sudah tidak perlu banyak khawatir terhadap hari tuanya. Karena paling tidak, masalah biaya hidup di hari tuanya sudah teratasi. Sehingga, tidak alasan untuk tidak bahagia di hari tua hanya karena masalah finansial alias biaya hidup. Iya kan? Selamat merencanakan bahagia di hari tua ya?

________________

*Hasil karya adalah di luar tanggung jawab otoritas BPJS Ketenagakerjaan dan blogdetik.


TAGS lifestyle pensiun


Comment
-

Author

Follow Me

Search

Terbaru